When Tissue Meets Hand Dryer…

Standard

         Buat saya, tempat nyaman itu adalah tempat yang ditunjang pula dengan fasilitas sanitasi yang nyaman dan bersih. Sayangnya, hotel yang biasa saya pakai untuk training ini sedang merenovasi salah satu toiletnya. Maka, jadilah kami sebagai pengunjung hotel harus memakai toilet lain dan pastinya jadi ngantri dan mengurangi kenyamanan. Yaa, tahu sendiri lah ya kalau perempuan sudah masuk toilet, ketemu kaca dan oh well, you know what to do next, lamaaaa banget! Selain masuk toiletnya yang antri, ngaca antri, ternyata mau cuci tangan setelahnya juga harus antri. Nah, dari hasil ngantri itulah tulisan ini tercipta.

         Jadi gini, tadi pas lagi bete antri dan sibuk merhatiin orang-orang di toilet, saya melihat kecenderungan pengunjung menarik tisu setelah mencuci tangan. Sampai akhirnya saya sadar, bahwa tidak jauh dari tempat saya berdiri ada benda yang namanya hand dryer. Kenapa jarang ada yang memilih memakai hand dryer ya? Pertanyaan itu cukup mengusik benak saya begitu keluar dari toilet. Iseng, saya nge-tweet mengenai hal tsb.

@riyananggra : Di toilet, ada tisu dan hand dryer. Mana yang kamu pilih untuk ngeringin tangan? Kenapa? #nanyaserius

Lalu beberapa menit kemudian munculah mention jawaban dari beberapa teman.

@windamaharani to @riyananggra dyrer..Hemat tisu. Klo pake tisu harus banyak dan kadang-kadang klo kualitasnya jelek, malah serpihan-serpihannya nempel ditangan

Oke. Dapat satu penjelasan. Lanjuut..

@fetrizaas to @riyananggra dari segi cost, pake tisu jauh lebih boros. Dari segi higienis, pake hand dryer bisa lebih berpotensi penyebaran bakteri

@syahputrrra to @riyananggra kalo gua sih paling meper dibaju temen

Hmm… jorok ya booo si Boy ini hehee..and then i asked the real reason

@syahputrrra to @riyananggra kalo gua milih tisu, Yan. Dryer kelamaan, filmnya keburu mulai

Well guess he only using hand dryer while in theatre before or after watching movie :p

@rahadinisekar to @riyananggra  i prefer hand dryer! Karena lebih praktis dan energi yang terbuang lebih sedikit daripada tisu yang lama hancurnya

@shandyksh to @riyananggra i’ll go with tissue. Bisa langsung dibawa pergi. Praktis, ga ngantri. Ga pake listrik.

Those are several and various answer i got from my friends. Thanks guys. Kalau kamu sendiri lebih prefer yang mana?

Apa sih kira-kira the best way to wipe our hands?

Now, lets find out the truth behind tissue VS hand dryer thingy ini.

Image

 

         From an environmental standpoint, paper towels obviously produce substantial paper waste, but hand dryers use significant electricity.

Nah terus gimana dong??!! Berikut beberapa temuan dari hasil browsing :

  1. Study tahun 1993, Universitas Westminster di Inggris, menemukan fakta bahwa orang yang menggunakan hand dryer untuk mengeringkan tangan berpotensi terkena bakteri lebih banyak dibanding mereka yang menggunakan tisu. Kenapa? Karena kabarnya, jika pemakaiannya tidak benar, setengah kering misalnya, bakteri lebih mudah menempel pada telapak tangan yang lembab dan semburan udaranya bisa menyebarkan bakteri lebih mudah. (Sesuai dengan jawaban @fetrizaas, you’re a truly biologist darlaa..)
  2. Menurut penghitungan di website King Country Eco Consumer, jika setiap orang di Washington US menggunakan tisu 10 helai per minggu, maka bisa menghasilkan 33,876 ton sampah tisu/tahun. Bayangkan dan hitung aja berapa banyak sampah tisu klo dijumlahkan dari setiap negara (?).
  3. Tahun 2007, life cycle analysis dari Climate Conservancy menemukan fakta bahwa menggunakan hand dryer dapat berpotensi mengurangi perubahan iklim dan efek rumah kaca daripada menggunakan tisu.
  4. And last but not least, hand dryer was found out for the first time by George Clemens in 1948.

Dari beberapa temuan yang saya dapat, memang sepertinya hand dryer lebih ‘menang’ dibanding tisu, jika dilihat dari sudut pandang tertentu, environmental issue khususnya, tapi tidak dari sisi ke-higienis-annya. Memang sih gak bisa dipungkiri, kelemahan hand dryer adalah it takes two or three times longer to use them than paper towels. Kalau ditelusuri, sepertinya ini menjawab pertanyaan saya di toilet tadi, mengapa orang-orang lebih memilih tisu dibanding hand dryer. Lebih efisien. Seperti yang di-share @syahputrrra dan @shandyksh, mereka prefer pakai tisu untuk lebih menghemat waktu.

Walaupun tisu tidak menggunakan listrik dalam pemakaiannya, tetapi dalam pembuatannya memakai energi listrik yang besar. Menurut Environmental Protection Agency, every single ton of paper produced consumes many more thousands of gallons of water and tons of oiland leave a great deal of waste behind. Selain itu, untuk membuat tisu diperlukan pohon dengan diameter min. 10 cm dan membutuhkan waktu 1825 hari atau 5 tahun untuk mencapai diameter tsb. Kebayang kan lamanya?  

Untuk mengurangi dampak yang sudah terlanjur tercipta, kita sebagai konsumen, punya cara tersendiri untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan dua benda tersebut. Misalnya, dengan mengingat kembali basic rules of “Reduce, Reuse, Recycle”. Sebagai orang yang lebih memilih tisu, cara mengurangi dampak negatifnya adalah dengan menggunakan tisu yang terbuat dari kertas recycle atau mengurangi pemakaian tisu ketika berada di toilet. Gak perlu ambil terlalu banyak, yang penting cukup untuk membersihkan dan mengeringkan. Kalau dirumah, penggunaannya bisa dengan cloth napkins yang bisa di-reuse dan dicuci bersih setelah penggunaannya. Sedangkan untuk pengguna hand dryer, ada baiknya kita mengeringkan tangan sampai benar-benar kering setelah dari toilet, to avoid stimulation of germs in our hands, tentunya.

Well, the good news is that we have plenty of options these days to stay healthy and safe the environment. Just pick one or more and give yourself a hand to make it real.

So, which one do you choose when tissue meets hand dryer?

Choose smart and use wisely. The responsibility is yours 🙂

PS: Feel free to add some info or comments if you want..

Warmest,

Riyan A

*source :

http://seattletimes.com/html/pacificnw/2008016973_footdilemma29.html

http://www.handdryersvspapertowels.com/Resources/ExcelDryerXlerator/Hand%20Dryers%205%20Myths-Web.pdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s